RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA Raudlotut Tholibin
Kelas / Semester : X / Ganjil
Mata pelajaran : Fiqih
Standar kompetensi : 1. Memahami prinsip-prinsip
ibadah dan syari’at Islam
Kompetensi Dasar : 1. Mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah
dalam Islam
Alokasi Waktu : 1 jam
pelajaran ( 1 x 45 menit )
A. Tujuan
Pembelajaran :
Siswa mampu :
§ Menjelaskan
pengertian konsep ibadah dalam Islam.
§ Merumuskan
prinsip-prinsip ibadah dalam Islam mengidentifikasi bahwa Al Qur’an kitab
terakhir sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya
§ Memecahkan
masalah penyimpangan prinsip ibadah dalam kehidupan umat Islam
§ Menyimpulkan
tentang Prinsip-prinsip ibadah dalam Islam.
Nilai Karakter bangsa yang diharapkan :
§ Cinta ilmu,
gemar membaca, kreatif, disiplin, mandiri, ingin tahu, kerja sama
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif :
§ Percaya diri,
berorientasi tugas dan hasil, mampu mencari sumber belajar sendiri, mendiskripsikan
konsep dengan kata-kata sendiri
B.
Materi Ajar :
Prinsip-prinsip ibadah
dalam Islam.
C.
Metode :
§ Ceramah
§ Tanya Jawab
§ Diskusi
kelompok
§ Inkuiri
§ Pengamatan
D.
Langkah-langkah pembelajaran :
Kegiatan
|
Waktu
|
Aspek life skill yang dikembangkan
|
1. Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
§ Memberikan salam dan memulai pelajaran dengan basmalah serta mengecek
siswa yang tidak masuk.
§ Memberikan
apersepsi/ materi yang ada hubungan dengan materi yang diajarkan serta
memberikan motivasi.
§ Menyampaikan
kompetensi dari materi yang akan diajarkan
§ Menjelaskan
tujuan yang ingin dicapai dari materi yang akan diajarkan
|
Pemahaman Konsep
|
|
2. Kegiatan inti
§ Guru menunjuk
salah seorang siswa untuk menjelaskan
pengertian ibadah (eksplorasi)
§ Siswa membuka
Al-Qur’an untuk mencari dalil yang
berkaitan dengan materi (eksplorasi)
§ Siswa
ditunjukkan dalil nakli tentang kewajiban ibadah (eksplorasi)
§ Siswa memabaca
dalil nakli yang berkaitan dengan materi/yaitu ibadah (elaborasi)
§ Guru menunjuk
siswa untuk menjelaskan macam-macam ibadah (konfirmasi)
§ Guru bertanya
kepada siswa macam-macam ibadah khusus (Konfirmasi)
§ Siswa
mengidentifikasi prinsip-prinsip ibadah dalam Islam (elaborasi)
|
||
3. Kegiatan
penutup
§ Mengadakan
tanya jawab tentang prinsip-prinsip ibadah dalam Islam
§ Guru merangkum
materi yang baru saja diajarkan
§ Guru menugaskan
keada siswa mencari dail nakli yang berhubungan dengan ibadah
§ Menutup
pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah
|
E.
Sumber Belajar :
§ Internet dan
Intranet
§ Buku paket
Penidikan Agama Islam kelas X
§ Buku buku
yang relevan dengan materi yang diajarkan
§ LKS Fiqih
§ LCD
§ Al-Qur’an dan
terjemahannya
§ Dll
F.
Penilaian :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Mampu menjelaskan konsep ibadah dalam Islam
|
Tes tertulis
|
Isian
|
§ Jelaskan konsep ibadah dalam Islam ?
|
§ Mampu menjelaskan
prinsip ibadah yang langsung kepada Allah dalam Islam
|
Tes tertulis
|
Isian
|
§ Jelaskan prinsip
ibadah yang langsung kepada Allah dalam Islam?
|
§ Mampu menjelaskan
prinsip ketiadaan perantara dalam ibadah
|
Tes tertulis
|
Isian
|
§ Jelaskan prinsip ketiadaan
perantara dalam ibadah ?
|
§ Mampu menjelaskan tujuan ibadah
|
Tes tertulis
|
Isian
|
§ Jelaskan tujuan
ibadah ?
|
§ Mampu menjelaskan
keterkaitan ibadah dengan budi pekerti
|
Tes tertulis
|
Isian
|
§ Jelaskan
keterkaitan ibadah dengan budi pekerti ?
|
Kalikangkung, 10 Juli 2016
Mengetahui, Guru
Bidang Studi,
Kepala
Madrasah Aliyah
H. A Jafar Sodik, S.Ag ......................................
NIPY. 1971 06 1999 0001 NIPY.
Post a Comment